Home » ACARA » Munaqosyah Ilmiah oleh Forum Kajian Masailuddiniyah (FKMD)
Munaqosyah Ilmiah oleh Forum Kajian Masailuddiniyah (FKMD)

Munaqosyah Ilmiah oleh Forum Kajian Masailuddiniyah (FKMD)

Alhamidy-Banyuanyar-Forum Kajian Masailuddiniyah (FKMD) untuk kesekian kalinya mengadakan acara Munaqosah dengan tema Shalat berjemaah indâ as-Syafiiyah tepatnya pada malam jumat 04 Shafar 1438 H./04 November 2016 M.

Dalam Munaqosyah tersebut ada dua sesi, pertama sesi pernjelasan, dimana para pemateri menjelaskan tentang tema terkait sebagaimana yang telah terangkum dalam makalah yang telah disusun sebelumnya, karena memang beberapa  hari sebelum pelaksanaan Munaqosyah para anggota FKMD menyusun makalah sederhana setebal 12 halaman. Kedua adalah sesi tanya jawab, dimana para santri yang hadir dapat menanyakan tentang permasalahan yang berkaitan dengan tema tersebut , dan untuk sesi kedua ini para santri sangatlah antusias untuk mengikutinya karena jauh hari sebelum pelaksanaaan para santri telah mempersiapkan beberapa pertanyaan baik dalam  permasalahan yang sering terjadi di masyarakat ataupun permasalahan yang tidak terpecahkan sebelumnya dengan harapan bisa terjawab lengkap dengan ibarotnya baik yang berasal dari alquran, hadits ataupun kitab kuning.

Acara yang digelar di Musholla lantai satu tersebut dimulai pada jam 09:00 WIB sampai selesai, tampak hadir dalam acara tersebut Ust. Nurul Huda (Ketua Dewan Ma’hadiyah), Ust. Nuruddin (seksi pendidikan umum) dan Ust. Abd wadud (penanggung jawab FKMD). Menanggapi acara ini Ust. Nurul (panggilan akrab beliau), mengatakan bahwa “Tradisi Munaqosyah Ilmiyah seperti ini berbeda dengan Munaqosyah secara umum, karena para pemateri harus betul-betul menguasai materi dan mampu menjawab semua pertanyaan dari para santri sekaligus dengan referensi yang berasal dari kitab kuning”. Sebagai penyelenggara pihak FKMD mengharapkan dengan adanya munaqosah seperti ini supaya para santri bisa termotivasi untuk Tafaqquh Fiddin dan mampu melestarikan sampai pada generasi-generasi berikutnya.

(Tim redaksi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*