Home » ACARA » WISUDA AMTSILATY XV
WISUDA AMTSILATY XV

WISUDA AMTSILATY XV

Alhamidy-Banyuanyar, Sabtu 28 Muharram 1438H. LPI Al-Hamidy Banyuanyar kembali menghelat wisuda program Amtsilati  yang ke 15 sebagai bukti keberhasilan para santri dalam tahap pemula belajar membaca dan memahami kitab kuning. Amtsilati merupakan program pemula baca kitab kuning yang sudah lama menjadi program formal Ma’hadiyah LPI Al-hamidy Banyuanyar dan telah mewisuda lebih dari 800 santri. Untuk wisuda tahun ini program amtsilati mencatat sejarah baru dengan peserta wisuda terbanyak selama perhelatan wisuda yaitu sebanyak 51 santri dengan umur yang masih balia. Tentunya menjadi kebanggaan  bagi para pembimbing dan pengurus program amtsilati karena bisa membuktikan kepada semua bahwa dengan umur yang masih sangat belia telah mampu membaca dan memahami sedikit banyak tentang ilmu al-qur’an.

Meski dengan musyrif Amtsilati baru yang menjabat sekitar 3 bulan yang lalu wisuda tahun ini terkonsep sebagaimana wisuda tahun-tahun sebelumnya, dengan beberapa team Mumarrinin yang di pimpin Ustadz Abd Wadud mendemonstrasi para wisudawan di depan para keluarga dan para tamu undangan, juga ikut mendemonstrasi salah satu dewan Mustasyar   LPI Al-Hamidy Banyuanyar Gus Zainal Abidin dan  direktur program amtsilati Ustadz Ach. Qusyairi Yatim.

Dipertengahan acara Lr. H. Moh Abrori Sholeh berkenan memberikan sambutan sekaligus memperkenalkan tamu terhormat dari Mekkah Al-Mukarromah yang kemudian memberikan mauidhatul hasanah, beliau Syaikh As-Sayyid Al-Habib Wahid Mukhtar dan Syaikh Muhammad Bin Abdul Hamid.

Menjelang waktu dzuhur tiba, suasana pun menjadi hening dengan sama-sama khusuk mendengarkan perihal yang di sampaikan oleh Syaikh As-Sayyid Al-Habib Wahid Mukhtar yang di terjemah oleh ustadz H. Abdul karim, direktur Majlis Dirosah Wal Muhawaroh, beliau menyampaikan perihal keutaman Al-Quran dan keutamaan orang-orang yang belajar memahami ilmu Al-Quran, salah satunya dengan belajar ilmu gramatika arab semacam Amtsilati. di akhir ceramah setelah beliau memimpin pembacaan do’a, beliau juga mengucapkan selamat kepada para wisudawan dengan apa yang telah di capainya sampai pada wisuda saat ini.

Sebenarnya ini bukan kali pertama wisuda amtsilati dihadiri oleh ulama-ulama besar seperti Syeikh As-Sayyid Al-Habib Wahid Mukhtar, pada perhelatan wisuda sebelumnya pernah hadir memberikan Mauidzatul Hasanah Al-Habib Ubaidillah Al-Habsyi dari Surabaya dan Al-Habib Abdurrahman Muhammad Umar Al-Ahdal Dari Yaman.

Sebagai tanda kelulusan para santri dari program amtsilati mereka menerima pengalungan surban dan pemberian Syahadah dari Khodimul Ma’had dan dewan Musytasyar, RKH. Moh Rofi’i dan RKH. Ahmad Baidlowi Khozin. Dari 51 Sanrti yang diwisuda terdapat 6 santri yang dinobatkan sebagai santri terbaik wisuda Amtsilati 1438 H. yang meliputi juara umum (Ach SyAdadul Haqqi Annaibi), juara satu (Ahmad), juara dua (habibullah), Huzni Mubarok juara tiga, Faishol juara harapan dan Abd Salam sebagai juara siswa paling rajin.

(Team Redaksi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*